Kamis, 29 September 2011

contoh rpp bahasa Inggris sma


contoh rpp bahasa Inggris sma
RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  (RPP)
SMA                                       : SMA N 1 TURI
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                               : XI /1
Jenis text                            : Report
Aspek/skill                         : Membaca
Alokasi Waktu                   : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi: Membaca,
Memahami makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk report, narrative dan analyticalexposition untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi  Dasar          :
2.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk report.
Indikator
1.       Mengidentifikasi tujuan komunikasi, generic structure, dan grammatical features.
2.       Mengidentifikasi informasi rinci, factual, gambaran umum, gagasan utama dan makna kata, frasa dan kalimat..

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
a. Mengidentifikasi teks yang disediakan
b. Mengidentifikasi tujuan komunikasi, generic structure, dan grammatical features.
c. Mengidentifikasi informasi rinci, factual, gambaran umum, gagasan utama dan makna kata, frasa dan kalimat.

2. Materi Pembelajaran
a.       Teks report berjudul plants
b.      Generic structure of a report text
-          General classification (what phenomenon under discussion)
-          Description (what the phenomenon under discussion is like in term of:
Parts (end this function)
Qualities
Habits or behavior
c.       Linguistic features
-          Simple present tense
-          Noun phrase
-          Adjective
3. Metode / Teknik : Diskusi dan penugasan
4. Langkah langkah Kegiatan
a. Pendahuluan
1.       Menjawab berbagai pertanyaan berkaitan dengan teks report
2.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1.       Membaca teks report
2.       Mengidentifikasi jenis teks
3.       Membahas dan menganalisis generic structure
4.       Membahas dan menganalisis grammatical features
5.       Menjawab pertanyaan bacaan yang berhubungan dengan informasi rinci, factual, gambaran umum, gagasan utama dan makna kata, frasa dan kalimat.
6.       Mendiskusikan jawaban pertanyaan.
c. Kegiatan Akhir
1.       Bertanya jawab tentang permasalahan dalam memahami teks report
2.       Menyimpulkan materi dan hal hal yang telah dibahas
3.       Menulis tugas dari guru.

5. Sumber Belajar
-          Buku teks 
6. Penilaian
                a. Teknik              : Tes tulis
                b. Bentuk            : Uraian
c. Instrumen      :
Read this text carefully
Plants
Plants are living beings. They need food, water, and air for survival.
Plants derive their food from the earth and the air. If you look at their roots, you will find that the end of these roots are like fine fibers.  We call them root – hairs. They absorb water and minerals, then transport them upwards to the leaves through the trunks and the branches. It is the leaves which prepare the food.
The green material, chlorophyll, prepares the food like a machine. It comforts the carbon dioxide taken from the air and water from the ground into sugar with the help of sunlight. This chemical reaction is called photosynthesis. In fact, the chlorophyll takes energy from the sunlight and uses it to synthesize the hydrogen from water and carbon from carbon dioxide for making sugar. This reaction also gives oxygen and water which are excreted by the leaves.
Taken from Detik-detik Ujian Nasional bahasa Inggris SMA

Question A.
1. What is the purpose of this text.
2. Underline the noun phrases in the text and find their meanings.
3. Identify the verbs in every sentence by putting circles around them.
4. What kind of verbs are used in this text.
Question B
1. Why do plants need food and water?
2. Where do they get their food from?
3. How do plants get and process their food?
4. What does chlorophyll do?
5. What does photosynthesis mean?
6. Why is sunlight important?
Pedoman Penilaian
Pertanyaan A, skor maksimal 8
Pertanyaan B, skor maksimal 12
Jumlah skor maksimal : 4 X 2 = 8
6 X 2 = 12
Jumlah                             20
Nilai maksimal                  : 10
Nilai                                      skor perolehan  X 10
Skor maksimal




































RENCANA PEMBELAJARAN 2
SMA                                                       : N 1 TURI
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Inggris
Kelas/Semester                                               : IX/1
Jenis text                                            : Report
Tema                                                     : -
Aspek/skill                                         : Membaca
Alokasi Waktu                                   : 2 X 45menit

Standar Kompetensi : Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kompetensi  Dasar          :
6.1 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk report.
Indikator
1. Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk report
2. Menulis esai pendek berbentuk report

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
a. Membaca text report.
b. Mengidentifikasi langkah retorika dan fitur fitur gramatikal teks report
c. Menyusun kata acak menjadi kalimat
d. Menyusun kalimat acak menadi teks sederhana
e. Menulis teks  report sederhana sesuai dengan gambar yang diberikan
2.  Materi Pembelajaran
a. Teks report berjudul Television, ATM
b. Generic structure of a report text
-          General classification (what phenomenon under discussion)
-          Description (what the phenomenon under discussion is like in term of:
Parts (end this function)
Qualities
Habits or behavior
c. Linguistic features
-          Simple present tense
-          Noun phrase
-          Adjective
3. Metode / Teknik : Diskusi dan penugasan
4. Langkah langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Menjawab berbagai pertanyaan berkaitan dengan teks report
2) Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
1) Membaca teks berjudul television dan ATM
2) Mengidentifikasi jenis teks
3) Membahas dan menganalisis generic structure
4) Membahas dan menganalisis grammatical features
5) Menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar dan bermakna
6) Melengkapi kalimat rumpang dengan kata kata yang telah disediakan
7) Menulis  teks sesuai dengan gambar
8) Mengumpulkan hasil tulisan

c. Kegiatan Akhir
1) Bertanya jawab tentang permasalahan dalam menulis teks report
2) Menyimpulkan materi dan hal hal yang telah dibahas
3) Mencari teks report dari berbagai media (Koran, majalah)
5. Sumber Belajar
-          Buku teks
-          Gambar radio or computer or others
6. Penilaian
                a. Teknik              : Tes tulis
                b. Bentuk            : Uraian
c. Instrumen      :
A.      Arrange these words or phrases into good sentences.
1.       A radio is a source of information.
2.       We need a remote control to change the channels.
3.       You should press the power button to turn on the television.
4.       A computer can work accurately.
5.       can - We - write - what - on - we - monitor - see - the.
6.       has -  cat - a - long  - The – tail.
7.       are - of - usually - snakes - afraid - People.
8.       are - very - Hamsters - animals school - funny.
9.       a - is - for  - place - A - to - study - students.
10.   is  - the - heart - The - part - important - most - body - of - the.

B. Arrange these sentences into a good paragraph.
-          Fish are animals that live in water.
-          They have fins that help them to swim.
-          They also have gills.
-          These gills look like a comb and lie on each side of the head.
-          They are used to breathe in water.
B.  2. Arrange these sentences into a good paragraph.
-  Non consumptive uses include watershed protection, wild life and fish habitat, recreation, and aesthetic uses.
-  They are non-consumptive and consumptive.
-  Consumptive uses involve the extraction of products.
- It often requires the harvesting of trees to obtain wood, chemicals, and other products.
-  There are two categories of forest uses.
C. Write a report text talking about a bird.
Tell us about the legs, head, fur, body, eyes, ears, etc.
Kriteria Penilaian
Pertanyaan A:
Jawaban benar, skor 1
Jawaban salah, skor 0
Skor maksimal 10

Pertanyaab B1 dan B2
Skor maksimal pertanyaan B1    : 10
Skor maksimal pertanyaan B2    : 10
Skor maksimal pertanyaan C      : 10
Skor total            : (A + B1 + B2 + C)
 4
                                                                                Turi, 16 Juni 2007
                Mengetahui                      
                Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

Drs. Suharno                                                                      Warjianto Panca Wasono
NIP 130891324                                                                   NIP 131996638                                  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar